Cara Mudah Cek IMEI Ponsel

Blog Makmurriansyah

Blog Makmurriansyah. Selamat datang kembali sobat Blog Makmurriansyah.. blog yang selalu update postingan setiap hari, dan hari ini saya akan membahas mengenai imei ponsel.

Sesuai judul kali ini, saya akan mengulas tentang bagaimana cara mengecek imei semua jenis merk ponsel, dan sebelum itu mari kita bahas apa itu imei dan fungsi serta kegunaan nya untuk ponsel kamu. beberapa pekan terakhir ini kamu pasti mendengar berita tentang ponsel yang tidak resmi atau yang tidak memiliki imei akan menjadi rongsokan yang tidak akan bisa digunakan dan berita itu sudah tersebar ke media media sosial seperti facebook, twitter, berita online dan setelah berita itu tersebar banyak juga yang langsung memeriksa ponsel mereka, apakah resmi atau dari BM (Black Market).

Imei disini adalah sebuah identitas yang dimiliki setiap jenis ponsel, sama hal nya seperti kartu tanda pengenal yang saat ini kita miliki, imei yang tertera pada setiap ponsel di keluar kan oleh masing masing vendor atau pun perusahaan dimana tempat produksi ponsel tersebut, dan jika kamu membeli sebuah ponsel baru kamu bisa melihat dan mengecek imei nya yang langsung dan biasanya tertera pada kotak handphone tersebut, pada tutup belakang batrainya, jika kamu tidak melihat pada daerah yang saya sebutkan barusan, kamu bisa dengan mudah cara mengecek imei nya dengan melalui ponsel kamu, dengan cara mengetikan *#06# maka akan muncul secara otomotis imei yang ada pada ponsel kamu, jika tidak muncul imei nya maka dapat di pastikan handphone atau ponsel kamu miliki tersebut palsu dari barang BM (Black Market).

Berita yang tersebar mengenai peraturan imei tersebut di keluarkan langsung oleh Kementerian Republik Indonesia, yang memiliki tujuan untuk menekan kan peredaran handphone handphone palsu dari pasar black market yang banyak sekali tersebar di indonesia, di karena kan harga nya yang terjangkau alias murah meriah, juga di karena kan banyak sekali merk merk dari ponsel vendor terkenal yang bisa kita miliki dengan harga murah tersebut tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak untuk dapat membeli barang yang aslinya.

IMEI atau singkatan dari International Mobile Equipment Identity, ialah sebuah identitas seperti yang sudah saya sebutkan tadi di atas, imei tersebut dimiliki setiap ponsel di seluruh dunia dan masing masing ponsel tersebut memiliki imei yang berbeda beda satu sama lainnya, kode imei terdiri dari beberapa angka dan biasa nya ada 14 sampai dengan 16 kode imei yang tertera pada setiap ponsel, selain sebagai identitas ponsel imei juga dapat digunakan untuk memblokir ponsel tersebut agar tidak dapat digunakan lagi untuk mengakses jaringan ketika kita mengalami pencurian/kehilangan ponsel, jadi kamu bisa langsung saja ke kantor layangan provider atau pun kantor jasa layanan jaringan seluler dengan cara mengirim kode dari imei ponsel kamu yang di curi tersebut.

Peraturan mengenai IMEI ini dikeluarkan langsung atas kerjasama nya dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang masih mempersiapkan regulasi imei dan rencananya pada tanggal 17 Agustus nanti akan menjadi momem penting penandatanganan masing masing peraturan menteri dan pihak pihak terkait.

Baiklah saya rasa cukup dulu informasi nya dan berikut ini saya akan membagikan tutorial dan trik bagaimana cara mengecek imei setiap jenis merk ponsel dan cara mengecek statusnya pada situs kementerian perindustrian.
  1. Cara cek imei Iphone : Settings > General > About
  2. Cara cek imei Android : Settings > About Phone  
  3. atau masuk ke Menu Panggilan dengan menekan tombol *#06# 
  4. Cara cek imei BlackBerry : Options > Status
Dan berikut ini cara mengecek imei pada situs kementerian perindutrian, kamu bisa langsung praktekan melalui komputer ataupun ponsel kamu.
  • Pertama kamu harus kesini terlebih dahulu https://imei.kemenperin.go.id/
  • Setelah kamu masuk, kamu akan melihat kolom yang bertuliskan CEK IMEI
  • Masukan kode imei yang tertera pada ponsel kamu miliki pada kolom tersebut, dan klik tombol cari
  • Jika ponsel kamu memiliki imei resmi maka akan muncul notifikasi dibawah nya " IMEI terdaftar di database Kemenperin"
  • Jika notifikasi yang mucul " IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin", maka ponsel yang kamu miliki mungkin dari Black Market
  • Tapi kamu jangan khawatir karena pada situs pemeriksa imei tersebut masih akan terus di update database nya, jadi kamu bisa mencoba mengecek nya lagi kemudian hari
Baiklah sobat, saya rasa cukup sampai disini postingan saya mengenai Bagaimana Cara Mudah Cek IMEI Semua Merk Ponsel, semoga apa yang saya bagikan disini bermanfaat untuk kita semua.

Terimakasih.

0 Response to "Cara Mudah Cek IMEI Ponsel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel