W3Schools - Tutorial Web Online Gratis

Blog Makmurriansyah

Blog Makmurriansyah, Selamat datang sobat Blog Makmurriansyah, blog yang selalu update postingan setiap hari yang membahas teknologi, tutorial, tips trik, dan lowongan kerja.

Sesuai judul postingan pada hari ini saya akan membagikan sebuah website yang sangat bermanfaat untuk kita semua, apa lagi postingan kali ini berkaitan dengan pemograman dalam hal website developer, dan kali ini saya akan membagikan situs yang memberikan tutorial web online gratis yang dapat kamu pelajari mulai dari yang tutorial dasar, menengah hingga atas.

Nah bagi kamu yang ingin tau lebih lanjut mari kita berkenalan lebih jauh lagi dengan website yang satu ini terlebih dahulu, namanya adalah w3schools... W3Schools disini ialah salah satu situs tutorial website developer yang sudah terkenal sejak lama di kalangan programmer web dan termasuk situs web tutorial yang banyak digemari karena kelengkapan  yang dimiliki didalam nya, dan yang ada di dalam nya juga memiliki sangat banyak tutorial dalam hal web developer dan tidak sampai itu pula, karena w3shools juga memiliki berbagai macam tutorial bahasa pemograman yang dikembangkan untuk pengembangan web seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, SQL, dan JQuery lengkap beserta tutorial dan prakteknya.

Asal mula nama dari W3Schools ini sendiri adalah dari singkatan WWW atau World Wide Web atau bisa disingkat dengan W3, akan tetapi W3Schools ini tidaklah berafiliasi dengan W3C. Dan buat kamu yang belum mengetahui apa itu W3C saya akan menjelaskan nya secara singkat. W3C disini adalah sebuah Konsorsium (Pembiayaan bersama dalam hal suatu proyek ataupun perusahaan yang dilakukan oleh dua atau lebih bank ataupun sebuah lembaga keuangan, singakat nya adalah himpunan beberapa pengusahan yang mengadakan usaha bersama) yang bekerja untuk mengembangkan standar-standar untuk Waring Wera Wanua atau World Wide Web atau WWW. Dan spesifikasi dari teknologi-teknologi utama yang dipakai sebagai basis utama pada sebuah web, seperti hal nya URL, HTTP, dan HTML yang sudah dikembangkan dan diatur oleh badan ini

W3Schools dibuat pada tahun 1988 oleh perusahan teknologi yang bernama Refsnes Data, yaitu sebuah perusahaan pengembang dan konsultan perangkat lunak dari Norwegia.dan alasan mengapa situs w3schools ini menjadi situs tutorial web online favorite adalah karena memiliki lebih dari 50 juta pengunjung tiap bulannya dari berbagai macam negara dari seluruh dunia.

Di dalam situs w3schools ini banyak sekali terdapat tutorial yang sudah saya katakan sebelumnya diatas, dan masing masing memiliki kategori nya, seperti:
  1. HTML dan CSS yang didalam nya memililki tutorial HTML, CSS, Bootstrap, W3.CSS, Colors, Icon, Graphics, SVG, Canvas, dan Sass
  2. Javascript yang didalamnya membahas tentang Javascript, jQuery, React, AngularJs, JSON, AJAX dan W3.JS
  3. Server Side yang didalam nya membahas tentang SQL, PHP 5, PHP 7, ASP, Node Js dan  Raspberry Pi  
  4. XML yang didalamnya membahas tentang XML, XML AJAX, XML DOM, XML DTD, XML Schema, XSLT, XPATH dan XQUERY
  5. Programing yang didalam nya membahas tentang Python, Java dan C++
Tidak hanya memberikan tutorial dalam hal web saja, akan tetapi w3schools ini juga memberikan sebuah permainan tantangan agar kamu tidak bosan bosan nya belajar pemograman yang berupa kuis kuis pada setiap kategori nya dan juga latihan latihan dalam hal pemograman web seperti yang sudah saya jelaskan diatas, ini tentu juga sangat bagus untuk kamu karena dalam hal ini juga dapat melatih soft skill kamu di dalam bidang pemograman web developer.

Ada kelebihan lain dari w3schools ini, karena w3schools ini tidak hanya disitu saja yang menyangkut tutorial tutorial untuk menjadi web developer, akan tetapi kamu juga bisa mendapatkan sertifikat resminya dari w3schools ini, tapi beda nya adalah jika w3schools ini memberikan tutorial gratis untuk setiap kategori nya kepada setiap pengguna nya lain halnya dengan sertifikat yang mereka berikan, untuk mendapat sertifikat resmi dari mereka kamu harus membayar setidaknya $95 atau sekitar 135 ribu rupiah untuk setiap kategori yang berhasil kamu selesai kan, untuk mengikuti tes nya dan jika kamu berhasil menyelesaikan tes nya dan lulus kamu akan mendapatkan sertifikat resmi dari w3schools ini.

Buat kamu yang ingin mencoba nya dan melatih soft skill kamu di dalam bidang pemograman website, kamu bisa mengunjungi website w3cshools nya langsung disini.
Link diatas adalah tempat dimana kamu bisa melatih soft skill pemograman dan web developer kamu, dan jika kamu mengalami suatu kendala mengenai pemograman web, w3schools ini juga memiliki forum aktif yang membahas perkembangan bidang teknologi khusus nya programming, di forum ini kamu bisa bertanya menyangkut masalah yang tidak bisa kamu selesaikan, yang bisa kamu sesuai kan kategori pemograman nya, berikut ini link forum w3schools nya.
Saya rasa cukup sampai disini postingan saya mengenai W3Schools - Tutorial Web Online Gratis beserta fitur dan alasan mengapa w3schools ini menjadi situs favorite untuk belajar tutorial pemograman dan tutorial web yang ada didalamnya, dan semoga apa yang saya bagikan disini bermanfaat untuk kita semua.

Terimakasih

1 Response to "W3Schools - Tutorial Web Online Gratis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel